Mengatasi Internet First Media Yang Seringkali Bermasalah

Pada bulan desember 2015, saya memutuskan untuk mencoba berlangganan internet. ketika itu saya masih bingung menentukan providernya, karena jaringan yang tercover cuma sp**dy sama FM. Dan ketika itu pas teman saya tiba-tiba dapat promoan Sp**dy yang katanya murah lalu saya pun tergiur :D ya jadinya langsung saya mencari informasi pembayarannya, eh ternyata kok beda dan mahal pisan eh. Lalu saya dengan keaadaan yang berat hati memilih FM karena saya lagi butuh, karena dulu denger dari temen yang sudah pasang pelayanannya tidak enak, ya seperti complain dll ribet dan sebagainya deh. Akhirnya sekitar tanggal 15 saya memutuskan untuk memilih berlangganan layanan internet FM.

Pas udah dipasang sekitar sudah seminggu eh tiba-tiba laptop gak bisa konek, saya pun ya bingung padahal di laptop lain bisa dan hp saya pun juga bisa. Akhirnya laptop saya yang gak bisa konek tadi saya benerin dengan cara apa aja tetep gak bisa.



Akhirnya saya memutuskan untuk benerin konfigurasinya wireless router yang dipinjemin FM itu karena  pemasangan wirelessnya dulu tanpa konfigurasi dari teknisi langsung default dari bawaan router. IP untuk setup router juga dikasih jadi saya bisa leluasa buat benerin tu router.

Curhatnya selesai :D ekekek kembali ke permasalahan, wireless router yang dipinjemi FM merk cisco model dpc2320 kalau merk lain jika sama problemnya ya tinggal ntar ditiru aja buat benerin gak tau cocok apa gak dilihat nanti saja yang penting sudah usaha.

masalah yang sering terjadi :
  1. lampu setup blinking (berkedip terus)
  2. di laptop lain bisa tapi di laptop sendiri gak bisa
  3. semua gak bisa konek
  4. kecepatan antara gadget lain beda
Sebelum di benerin itu wireless router atau router wifinya, ada baiknya punya kabel lan buat berjaga-jaga kalau ntar wifinya hilang bisa masuk setupnya lewat kabel LAN. lihat juga wireless routernya dulu teknisinya pernah setup routernya pakai laptop apa tidak, kalau gak ya lihat nama wifi dan passwordnya apa sama seperti yang dikardus routernya. SSID itu nama wifinya kalau Pre-shared key itu passwordnya, kalau sama bisa masuk routernya.

untuk masuk ke setup wireless routernya tulis ip ini di browser address 192.168.0.1 atau 192.168.100.1 , setelah masuk nanti akan diminta username dan passwordnya langsung klik ok saja baru klik menu setup

Masuk Setup Wireless Router


>> Lampu setup blinking <<

penyebab : Ketidak sengajaan menekan tombol setup di router
solusi : 
  1.  cara pertama matikan router dengan menekan on/off (cara ini tidak bekerja lama karena ketika router di setup terlalu lama via web juga bisa membuat lampu setup blinking kembali dan komputer juga bisa tidak konek ke wifinya karena penyebab blinking)
  2. cara keduarestart modem via web, pilih menu setup >> basic setting >> restart modem
    ntar tinggal nunggu nyala lagi wirelessnya
  3. cara ketiga
    jika cara kesatu dan kedua gagal, ganti channelnya dengan masuk di menu setup>>wireless >> basic. Di bagian new channel itu yang harus diganti pilih terserah yang cocok ntar kalo gak cocok ya gak konek jadi ya cobain satu-satu, untuk gambarnya seperti ini

    Setup Channel

>> Tidak konek pada laptop tertentu <<
penyebab : kurang ngerti kalau yang ini :D, kalau perkiraan saya ya paling kebanyakan bandwidth yang masuk ke laptop itu jadi di blok atau gimana juga gak ngerti

solusi : pakai cara ke-3 aja, kalau gak bisa baru gabungin cara 2 dan 3

 >>Semua gadget tidak bisa konek atau kecepatan berbeda<< 

solusi : pakai cara ke-3 aja 

Semoga dapat membantu

 
NewerStories OlderStories Beranda

60 komentar:

  1. Ini bisa buka di hp tidak? Karena laptop saya tidak tersambung koneksi

    BalasHapus
  2. makasih mas budi handoyo infonya, sangat membantu. saya dulu juga sempat pakai cara itu tapi ya gak sampai ngubah ke angka 0 / 9999999 dan gak kepikiran... nice info thaks

    BalasHapus
  3. bisa mbak putri syarah, silakan dicoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bapak/ibu saya punya masala
      Sekarang ngga bisa terhubung dengan wifi..di coba dng android tetep mencari..khasusnya saya ganti pasword pake hp berhasi,terus saya iseng'iseng masuk lagi seperti langkah awal tapi saya tidak memasukan pasword lagi..da cuman cek aja jadi saya ngha click apply jada saya click back.terus ternyata signal hilang dan ngga bisa connect sampe sekarang

      Hapus
  4. cara yang Semua gadget tidak bisa konek >>> setup>>wireless >> basic. Di bagian new channel itu yang harus diganti pilih terserah yang cocok ntar kalo gak cocok ya gak konek jadi ya cobain satu-satu, untuk gambarnya seperti ini .. (Sebaiknya pilih Auto)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pilih auto, balik ke awal lagi ke masalah yang pernah dialami ...contoh pas awal punya masalah hp bisa terkoneksi dan laptop tidak bisa maka yang terjadi ya seperti ini lagi...

      Hapus
  5. Maav mo nanya jg,.sy ru berlangganan FM n sengaja lom byr mpek tgl 16/5/2017,pasangnya ru tgl 29/4/2017..krn kata orang2 kalo telat byr gpp..hr nie tiba2 internetnya "menyambungkan" terus,.padahal gbr wifi ne terhubung..ini kenapa ya mas??apa belum byr berpengaruh??makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. batas awal pembayaran FM pas saya dulu pasang dikasih jangka waktu 5 hari, kalau terjadi internet yang menyambungkan mungkin emang ada gejala internet bermasalah atau gak ya dari pembayaran... dicoba dulu langkah" di artikel ini mungkin bisa mengatasi masalah anda.. kalau tidak bisa ya bayar dulu aja heheh, semoga membantu

      Hapus
  6. bro gw pake FM, awalnya lancar2 aja(biarpun kadang suka disconect) baru2 ini beli komputer tapi sambunginnya pake kabel dan internetnya lancar, terus sekarang klo inet hp pake wifi connect tapi inetnya ga jalan.. mohon bantuan ya klo tau jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk wireless router settingnya... masukkan ip 192.168.0.1 di address bar browser... pake browser terserah yang enak... kalau sudah masuk di setup wireless pilih menu setup >> basic setting >> restart modem ..
      itu langkah awal kalau gak bisa salah satu internetnya... kalau seandainya routernya beda langkahnya agak beda sesuaikan saja...

      Hapus
    2. Setelah restart password berubah menjadi password yg lama gak gan???

      Hapus
    3. password gak berubah walaupun di restart.. yang berubah kalau passwordnya dirubah. gitu gan..

      Hapus
  7. bro router merk cisco kalo connect ke laptop kenapa selalu restart ulang terus yah? ada solusinya gak?

    BalasHapus
  8. bro router merk cisco kalo connect ke laptop kenapa selalu restart ulang terus yah? ada solusinya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau juga gan... kalau gak pengen restart trus ganti channelnya aja gan... kayak yang uda ane tulis diatas.. soalnya punya ane dulu juga pilih-pilih laptop pas konek ke wifinya.. bisa nyambung mungkin gak lama, trus ane otak atik routernya lewat web confignya ya gitu gan saya ganti channelnya jadi nanti di sesuain aja.. nanti kalau bener gak bakal restart-restart lagi...

      Hapus
  9. Sy baru aja berlangganan FM krn cuma dia yg punya promo murah dan masuk k area perumahan saya. Yg lain muahal ga kuat byrnya. Tp ternyata harga juga ga boong, sy baru pasang tgl 4 juni, tgl 5 sdh gangguan jaringan sampe 12 jam lamanya, skrg tgl 8 sdh gangguan jaringan lagi. Gmn caranya spy ngebatalin langganan sy kapok sm FM soalnya gangguan jaringan terus ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. daerah mana gan? gangguan jaringannya gimana gan? konek sama hp atau laptop? mungkin gangguannya pada gadget tertentu saja.. coba cara di atas gan coba cara ke dua dan ketiga... itu yang biasa ane pakei...

      selama ane makek gangguan cuma gak bisa konek ke laptop ane padahal di bar wirelessnya uda nyambung...kalau untuk ngebatalin coba hubungin salesnya gan.. soalnya dulu ane ditawarin ada trial beberapa hari buat nyobak koneksi...

      Hapus
  10. kenapa ya bro suka masalah tapi reboot router via 192.168.1.1 langsung bisa jalan lagi. apa setup router ada yang gak sesuai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin karena sesi waktu yang terkoneksi untuk laptopnya agan sudah melebihi batas pada settingan.. jadi koneksi bisa putus.. itu dulu yang sering terjadi pada saat saya pakai..

      coba lakukan ganti channelnya saja gan, sesuai tutor diatas... mengubah setting waktu juga tidak berpengaruh banyak..

      Hapus
  11. Dikosan si ibu kost pasang internet FM, bagus sih (kalo lagi waras), kalo lagi gak waras, bikin kesel naudzubillah! bisa 3-4 hari itu wifi gak connect. Saking bosennya complain ke ibu kost, gw beli modem Bolt sendiri deh. First Media mending bangkrut aja deh!

    BalasHapus
  12. Firstmedian Anjaaaaayyyyy.....Gua bayar selalu ontime tapi modar mulu. Sampaaah....

    BalasHapus
  13. FM tai... baru langganan sebulan.. awal bulan kedua, tiap hari mati... nyambung 15mnt, mati lagi 4-8jam, gitu terus tiap hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya saranin mending beli kabel lan yang straigh, jadi koneksi langsung dari router wirelessnya ke kabel lan. jadi bisa stabil.

      kalau tidak ya mungkin bisa dicoba cara diatas, mungkin bisa karena trouble di router wirelessnya...

      selamat mencoba.

      Hapus
  14. Saya baru beli kabel lan, tapi kok ga bisa konek ya? Routernya Cisco dpc2320

    BalasHapus
  15. Bro gw waktu itu lagi tiba tiba listrik mati abis itu yg led bacaan cabel gak nyala lagi begitu juga dengan send and receive gak nyala jadi gw no internet access dan gak bisa pake gimana solusinya yah apakah karena mati listrik tiba tiba ?

    BalasHapus
  16. Bro gw waktu itu lagi tiba tiba listrik mati abis itu yg led bacaan cabel gak nyala lagi begitu juga dengan send and receive gak nyala jadi gw no internet access dan gak bisa pake gimana solusinya yah apakah karena mati listrik tiba tiba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tombol power on off uda ditekan lagi apa belum?
      di setiap router wireless ada... mungkin karena mati listrik on off routernya minta ditekan lagi

      terima kasih, semoga membantu

      Hapus
  17. gan, mau nanya, ini kenapa sinyal wifi nya lemah sekali yaa? jangkauannya pendek. mohon saran nya. thxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena setiap akses point (wireless) memiliki jangkauan kekuatan penyebaran sinyal sendiri-sendiri, jadi ya gak bisa nuntut kekuatan sinyalnya kalau pengen stabil bisa pakek kabel LAN saja dan tancepin ke akses pointnya..

      Dan juga penyebab sinyal wifi lemah juga bisa dipengaruhi sebuah halangan seperti tembok.

      semoga membantu

      Hapus
  18. Gimana caranya mendeteksi wifi FM? Lampu wifi nyala normal seperti biasa tp wifi tidak terdeteksi di semua gadget dan laptop. Sudah di setup di restart tetep gak bisa. Jadi gak bisa masuk via url 192.168.0.1. Solusinya dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk setup via LAN saja, lakukan setting ulang dengan semestinya dan pastikan namanya akses point ada dan jangan lupa channelnya dirubah karena juga dapat mempengaruhi muncul atau tidaknya sinyalnya

      semoga membantu

      Hapus
  19. Kalo ujan kenapa sih fm lansung error dan kebanyakan connect di hape tapi pas buat search lemotnya minta ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena cuaca memang mempengaruhi kecepatan, mohon dimaklumi

      semoga membantu

      Hapus
  20. Internet nya lemot banget kayak siput goggle aja lama banget

    BalasHapus
  21. Internet nya lemot banget kayak siput goggle aja lama banget

    BalasHapus
  22. sebenernya masalahnya lebih sering terjadi pada modem bawaan firstmedia, modem mereka udah sering berkali2 ganti tangan pelanggan ini dan itu, entah perlakuan apa saja yg pernah terjadi dari setiap pelanggan yang berbeda2. Lebih baik kalo mau langganan koneksi internet entah dari FM ataupun yg lain, mending pake modem sendiri yang masih baru, klo perlu pake modem khusus gaming pasti ga mengecewakan tapi harganya itu yg mengecewakan eheheheheh

    BalasHapus
  23. Mas router Saya Cisco baru pasang
    Ini kenapa yah sering banget kedap kedip lampunya yg nyala cuma 2 lampu ntar kadang2 bisa kadang2 ngga mohon solusinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 lampu yang mana? yang on/off atau downstream atau upstream?

      Kalau lampu on/off atau salah satu dari up/down stream kemungkinan bisa di jaringannya ada gangguan atau gak di akses pointnya yang bermasalah. konsultasikan ke pihak ISPnya kalau terlalu lama.

      Semoga membantu

      Hapus
  24. Wifi di kantor saya ko udah 3hari ini koneksi nya kecil sekali itu kenapa ya mas

    BalasHapus
  25. Kalo internet di perangkat lain kencang tapi di 1 laptop kecepatannya lambat itu gimana solusinya....?

    BalasHapus
  26. Mas Budi,
    Sy pake asus x411u dan langgan FM tapi hari ini gak bisa deteksi wifi fm padahal wifi tetangga kedetek, begiu juga dgn tethering dari hp.

    Mohon bantuan solusinya ya

    BalasHapus
  27. Kak kalo saya kan salah pengaturan nih. Pas saya lagi buka 192.168.0.1 saya buka ke wireless >> access control. Nah terus yang pilihannya kan pas normal disabled. Pas saya allow tiba tiba error gabisa konek ke semua media. Itu gimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di reset aja wirelessnya. cari lobang kecil di AP nya. kadang ada tulisan reset itu tekan dan tahan sekiranya 10 detik ntar kalau berhasil lampu nyala bersamaan sementara

      Hapus
  28. kak kalo sayakan pake wifi fm dan udah 3 hari wifi saya lemot di laptop maupun hp, padahal koneksi wifi 4 bar dari 5 bar dan laptop saya berjarak hanya 2,5m dari wifi.
    padahal sebelumnya lancar saat searching dan sekarang lemot banget. sinyal cepat kalau hp atau laptop di mainkan persis di samping wifi. itu solusinya bagaimana ya kak? makasih.

    BalasHapus
  29. Wifi FM dirumah statusnya brubah jd open bukan secured lg..mo diubah dgn mskin username dan password tp gagal terus.. Malah balik lg Minta username dan password. Pake username/admin/1234 sampe dikosongkan jg uda tetep aja ga bs masuk. Solusinya gmn y.. Supaya setingan wifi secured lg??. .

    BalasHapus
  30. Saya eror nya selalu lampu ds US kedip kedip, dan lampu online, link ga nyala.

    Biasanya semuanya nyala kec online,link. Tp ttp bisa terhubung ke internet.
    Tapi kok semenjak kedip2 US sama ds jd gabisa tersambung ke Internet..
    Mohon yg tau caranya biar konek ke internet share dong..

    BalasHapus
  31. Sy baru pasng FM tgl 2/12/18 kemaren,wifiny hanya bisa di pake 1 hp saja, sy coba konek ke hp dan tab yg lain ko ga bisa konek ya, mohon info yg tau solusinya. Makasih sebelumnya bosku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih... semua hp bisa kecuali hp sy udah restart ganti ini itu ttp ga konek.. gimana caranya.. masa kidi ganti hp lagi? Pdh ini hp baru. Hiks

      Hapus
  32. Mau nny bgm cara ganti router wifi cisco ke merk lain? Apa perlu setting ulang,bgm cara setting nya?

    BalasHapus
  33. mas mau nanya...wifi saya kan lampu yg warna hijau nya sudah nyalah smua..dan wifi nya pun terhubung di hp saya....tpi tidak bisa bwt internetan mas, itu gmn solusi nya

    BalasHapus
  34. Wifi terhubung di hp tapi tidak bisa dipake internetan.semua lampu normal.

    BalasHapus
  35. Saya mau nanya lampu wifi saya sering banget ilang"an terus, itu bagaimana solusinya ya mas? Memang si saya pun dapat email dari pihak FM katanya "sedang gangguan jaringan" trs saya balas komplein tpi gk di balas

    BalasHapus
  36. Klo saya abis mati listrik tiba2 nama wifi jadi berubah dan password jadi salah, itu solusinya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu seperti tereset Router Wirelessnya, Coba lihat nama AP nya dulu.. dan coba samakan dengan data yang tertempel di bawah AP. Kalau sama berarti pakai password bawaan kalau tidak bisa di reset ulang saja

      Hapus
  37. Misi gan, mau minta solusi dong. Aku baru berlangganan fm tgl 15 kemarin udh pasang dirumah. Setelah pemasangan sampe sekarang wifinya putus nyambung gitu terus. Lampu link sama set upnya mati. Itu kenapa ya? Udh nelfon pihak fmnya tp malah disuruh nunggu terus sampe lebaran monyet������

    BalasHapus
  38. Mas mau tanya. Saya kan baru langganan kemaren april tgl 5 uda lunas. Kemudian sering tulisan internet tidak tersedia. Telfon cs nya katanya suruh matikan dan nyalakan. Trus skrng hari ini tgl 19 april 2020 uda gabisa dr jam 7 pagi. Aneh banget. Telfon cs nya katanya gangguan, gaada penanganan samasekali suka heran. Mungkin bisa dibantu mas . Kira2 kenapa ya

    BalasHapus
  39. Bang wifi saya pake FM nih wifi nya tuh masih bisa nyambung ke hp tapi kalo buat internetan kaga bisa, solusinya bagaiman dong bang?? Aku dari kemaren wifi nya kaga bisa buat internetan

    BalasHapus
  40. Saya pelanggan wifi FM dg router CISCO DPC2320. Ada kendala begini, saya sedang renov interior rumah, dg terpaksa modem kami off(cabut kabel) untuk sementara. Setelah renov selesai, modem kembali kami nyalakan, namun ternyata tidak bisa konek ke perangkat smartphone kami. Nama wifi tidak muncul walau sudah kami refresh, dan indikator link tdk menyala, tp indikator sinyal menyala.. bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuan

    BalasHapus
  41. sy jg baru langganan FM,d hp 4G lncar g ada masalah tp d hp 3G sring ilang kdg nymbung kdg nggak,lalu msuk lwt laptop nma wifi gk mncul,tp kpn hari smpat mncul 2hr,lalu smpe skg gk mncul lg,jd hrs pke kbel
    lAN baru connect,tp sprtinya bhy krn srig dpt notif ada hacker msuk gt.gmn y carax spy wifi connect k laptop.kmrn sdh masuk alamat web yg 192,168 itu tp hrs log in.gk bs d lewati hrs d isi,sedang sdh nyoba d isi admin ato nomer pelanggan ttp g bs

    BalasHapus