Mengembalikan Data Yang Terhidden Tanpa Software

Halo kawan, lama tidak memposting apapun diblog saya. Blog ini benar-benar hiatus jarang sekali saya meluangkan waktu buat mengisi konten disini. Untuk itu kali ini saya berbagi tips sederhana untuk mengembalikan data yang terhidden/ hilang tiba-tiba pada Flash drive/ HDD.

Data hilang tiba-tiba bagi orang awam pasti membuat sangat panik, sampai muter kesana kemari mencari bala bantuan agar file penting dapat terselamatkan. Untuk itu makanya jangan panik, ini dari denyblogs memberi beberapa tips buat memunculkan file anda kembali jadi simaklah baik-baik :
Cara Pertama
Memakai Command Prompt Windows
Command Prompt mungkin sebagian orang tidak tau apa itu, program kecil ini bawaan dari windows untuk melakukan perintah-perintah untuk program dengan basis text. Contoh saja kita mau membuat folder maka kita ketikkan perintah mkdir "namafolder". Oke kita lanjut untuk caranya, jadi ada 2 cara membuka command prompt yaitu :
  1. Melalui keyboard
    • Tekan logo windows + R secara bersamaan, kemudian ketik CMD dan tekan Enter
  2. Melalui Start Menu
    • Tekan Menu Start








    • Pilih All Programs >Accessories > Command Prompt
Jika sudah berhasil memanggil command prompt, akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Tampilan Command Prompt yang sudah terbuka
Kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu memunculkan data yang terhidden, bagaimana caranya mudah. Masuk ke flash drive/ FD yang akan dimunculkan kembali data yang terhidden, jika drive FD terletak di drive letter L maka ketik perintah  " L: " tanpa petik.
Masuk ke Drive Letter L
Kemudian ketikkan perintah attrib -h -s /d /s . Tunggu hingga proses unhide file selesai dan kembali ke keadaan semula seperti pada saat masuk ke drive L

Cara Kedua
Menggunakan fasilitas Folder and Search Option  pada Windows
Fasilitas pada windows ini biasanya digunakan untuk mengatur semua file dan folder yang berada di windows, baik itu pada folder untuk sistem dan yang lainnya seperti untuk pengaturan untuk mengetahui detail file ataupun file yang terhiden. Fasilitas ini memang sangat berguna sebagai langkah awal untuk mengetahui data-data yang ingin dicari yang terhiden baik super hiden atau hiden biasa.
Akan tetapi fungsi ini tidak bisa mengembalikan file yang terhiden tersebut, hanya untuk melihat saja. Untuk langkah-langkahnya bisa di ikuti sebagai berikut :
  1. Masuk Windows Explorer 
  2. Klik Organize (Pojok Atas Kiri) > Pilih Folder and Search Option
  3. Jika Sudah Muncul Box Folder Option Pilih Tab View
  4. Pada Hidden Files and Folder Pilih di Show Hidden Files, Folders and Drives dan Hilangkan Centang di Hide Protected Operating System Files
  5. Kemudia OK dan Files yang terhiden akan muncul

Cara Ketiga
Instal Antivirus SMADAV
Smadav merupakan antivirus keluaran lokal dari indonesia yang di dalamnya memiliki fungsi untuk mengembalikan data-data yang terhiden oleh Virus. Penggunaan Antivirus ini cukup mudah tinggal scan data / drive untuk mengembalikan files yang terhiden/tersembunyi.

Semoga Artikel yang saya tulis bermanfaat. Jika bermanfaat bisa di sebarkan.

0 komentar:

Posting Komentar